Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Keistimewaan Buah Alpukat, Salah Satu Makanan yang Menurunkan Kolesterol!

Alpukat dikenal sebagai salah satu superfood karena terdapat berbagai macam manfaat di dalamnya. Salah satu dari manfaat tersebut adalah kemampuan alpukat sebagai makanan yang menurunkan kolesterol. Tapi, perlu diketahui bahwa hal ini bukan karena kandungan nutrisi dan senyawa baik yang ada di dalamnya saja. Buah alpukat mempunyai rasa dan tekstur yang lezat dan mudah untuk dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan kolesterol. Menarik, bukan?

Load more

Buah Alpukat - Makanan yang menurunkan kolesterolBerikut adalah ulasan singkat seputar buah alpukat sebagai makanan yang menurunkan kolesterol!

Bagaimana Alpukat Menurunkan Kolesterol

Tahukah kamu bahwa ada berbagai macam faktor yang memengaruhi total kolesterol pada tubuh? Salah satunya adalah kadar lipoprotein yang terbagi menjadi dua, yakni LDL (low-density lipoproteins) serta HDL (high-density lipoproteins).

Keduanya merupakan senyawa yang akan mengangkut kolesterol pada tubuh kamu dan memiliki dua fungsi yang berbeda. HDL merupakan senyawa baik yang akan membersihkan kolesterol di dalam tubuh dan membawanya ke hati untuk diproses, sedangkan LDL dapat membuat kolesterol menjadi plak di saluran arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Nah, alpukat merupakan salah makanan yang menurunkan kolesterol yang baik untuk kamu konsumsi karena terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats). Jika mengonsumsinya setiap hari, alpukat akan meningkatkan kolesterol baik HDL hingga 11% dan menurunkan kolesterol jahat LDL hingga 22%. Kedua hal ini tentunya akan menurunkan total kolesterol secara signifikan.

Manfaat Alpukat Lainnya Bagi Tubuh

Tapi, bukan hanya manfaat menurunkan kolesterol saja yang bisa kamu rasakan. Alpukat mempunyai nutrisi yang tinggi, seperti asam folat, vitamin K, C, B5, B6, dan juga vitamin E. Semua kandungannya sangat penting untuk pemenuhan nutrisi harian.

Kemudian, alpukat juga diperkaya dengan kandungan serat serta antioksidan karoten. Untuk serat, kamu akan merasakan manfaatnya pada sistem pencernaan yang sehat. Lalu untuk antioksidan karotennya, manfaat akan dirasakan pada penurunan risiko gangguan mata, terutama jika dikonsumsi selama jangka panjang.

Ide Sajian Penurun Kolesterol dengan Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang disukai karena tekstur unik dan lembut yang dimilikinya. Hal inilah yang menjadikan alpukat sangat cocok untuk diproses menjadi berbagai sajian, baik minuman maupun makanan. Berikut adalah beberapa inspirasi minuman dan makanan yang menurunkan kolesterol yang terbuat dari buah alpukat!

  • Guacamole

Hidangan asal Meksiko yang satu ini merupakan daging alpukat yang dilembutkan dan dinikmati dengan keripik tortilla. Guacamole sangat cocok untuk dijadikan kudapan di siang atau sore hari.

  • Avocado Smoothie

Jika biasanya kamu rajin membuat smoothie, kini kamu juga bisa menggunakan alpukat sebagai salah satu bahannya. Alpukat memiliki tekstur yang mudah untuk dicampur dengan buah-buahan lainnya dan dijadikan minuman.

  • Salad Sayur

Rasa alpukat tergolong lebih plain dibandingkan buah-buahan lainnya. Tapi, hal inilah yang menjadi salah satu nilai uniknya. Kamu bisa mencampurkan daging buah alpukat ke dalam salad sayur dan menciptakan perpaduan rasa yang kompak.

Nah, itulah tadi ulasan singkat seputar alpukat. Buah yang istimewa ini merupakan salah satu makanan yang menurunkan kolesterol dengan cara menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Kemudian, alpukat merupakan makanan penurun kolesterol yang tepat karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang unik dapat kamu masukkan ke pola makan sehat melalui berbagai cara yang mudah!

Selain mengonsumsi buah alpukat, kamu juga bisa menurunkan kolesterol dengan cara-cara lainnya, seperti berolahraga rutin, menghindari lemak jenuh, serta mengonsumsi serat larut.

Khusus untuk asupan serat larut, kamu bisa memperolehnya dengan meminum Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan. Pasalnya, Nestlé ACTICOR mengandung dua jenis serat larut, yakni inulin dari tumbuhan chicory serta beta-glucan dari oat, yang mampu bantu turunkan kolesterol tubuhmu.

Bukan hanya itu saja, Nestlé ACTICOR hadir dalam 4 rasa lezat dan kemasan praktis yang mudah untuk dikonsumsi. Beberapa variannya antara lain Chocolate, Green-Tea Latte, Banana, dan tentu saja, Avocado.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!