Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Buka Puasa dengan Makanan Tinggi Kolesterol? Yuk Imbangi dengan Asupan Sehat Berikut Ini

Menjalankan puasa dengan lancar merupakan harapan semua umat muslim di bulan Ramadan. Saat berpuasa, tubuh mengalami perubahan jam biologis, salah satunya dari waktu makan yang berbeda dari biasanya. Selama lebih dari 12 jam tubuh menahan lapar dan haus, sehingga membuat tubuh harus beradaptasi dengan keadaan tersebut.

Load more

Jika kamu tidak cermat mengatur makanan yang dikonsumsi, bukan tidak mungkin masalah kesehatan, seperti kolesterol jahat meningkat bisa kamu alami. Lantas, apa saja makanan tinggi kolesterol yang sebenarnya perlu dihindari dan apa asupan sehat yang perlu kita konsumsi saat bulan puasa? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Makanan yang Digoreng

Makanan tinggi kolesterol yang pertama adalah makanan yang diolah dengan cara digoreng. Alasannya makanan-makanan tersebut mengandung lemak trans dan tinggi kalori yang berisiko memicu obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Daging Olahan

Memang, harga yang ditawarkan daging olahan seperti sosis, daging kalengan, dan lain-lain cukup terjangkau, sangat mudah diolah, dan rasanya juga nikmat. Sayangnya, makanan jenis ini termasuk makanan tinggi kolesterol yang perlu dihindari karena bisa memicu naiknya risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

Daging olahan sendiri mengandung bahan kimia berbahaya, salah satunya senyawa N-Nitroso, Nitrit, dan Nitrosamin. Senyawa N-nitroso merupakan zat yang bisa memicu kanker. Zat tersebut terbentuk dari nitrit (natrium nitrit) yang ditambahkan ke dalam produk daging olahan. Biasanya nitrit dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa dan mempertahankan warna merah pada daging. Nitrit pada daging olahan yang dipanaskan di atas 130 derajat celsius bisa berubah menjadi senyawa N-nitroso (nitrosamin). Nitrosamin pun bisa memicu penyakit berbahaya.

Makanan Cepat Saji

Makanan yang dihindari saat puasa karena tinggi kolesterol selanjutnya, yakni makanan cepat saji. Makanan tinggi kolesterol ini sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan dan cukup sering. Kebanyakan makanan cepat saji tinggi karbohidrat dan minim serat.

Bila sering mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi memicu gula darah meningkat, berat badan bertambah, dan terjadi resistensi insulin. Dalam pembuatan makanan cepat saji juga tinggi lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol jahat, menurunkan kolesterol baik, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Makanan dan Minuman Manis

Orang yang mengonsumsi lebih banyak gula biasanya memiliki kadar trigliserida dan gula darah yang tinggi. Trigliserida tidak bisa larut dalam darah dan bisa merusak arteri. Selain itu, orang yang suka mengonsumsi makanan dan minuman manis memiliki kolesterol baik yang lebih rendah sehingga menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Akibatnya penyakit kardiovaskular sulit dihindari.Satu lagi makanan yang dihindari saat puasa, yaitu makanan manis. Cookies, es krim, dan kue merupakan contoh makanan tinggi kolesterol yang banyak disukai sehingga sulit untuk dihindari. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa menyebabkan kenaikan berat badan, memicu sakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan sakit jantung. Makanan manis juga dinilai sedikit asupan gizinya.

 

Itu tadi beberapa daftar makanan tinggi kolesterol yang perlu kamu hindari selama bulan puasa. Sedangkan makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk bantu turunkan kolesterol selama Ramadan, yakni antara lain:

Alpukat

Di dalamnya terdapat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan juga serat yang penting untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan kesehatan jantung. Ada juga antioksidan yang berasal dari vitamin C, E, K, B5, B6 yang baik untuk meminimalisir munculnya penyakit strok.

Dark Chocolate

Cokelat hitam juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meminimalisir penyakit kardiovaskular. Pasalnya, makanan ini memiiki kandungan flavanol yang bertugas mengaktifkan gen dalam sel untuk menghasilkan nitrit oksida. Nitrit oksida memiliki fungsi untuk membuat aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga membuat tekanan darah tinggi menurun dan meminimalisir risiko terjadinya penyakit jantung dan strok.

Pisang

Makanan yang bisa bantu menurunkan kolesterol selanjutnya adalah pisang. Di dalam buah berwarna kuning ini ada kandungan inulin yang berperan mengurangi kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi. Kalium dan magnesium juga terdapat pada pisang, baik untuk kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah.

Teh Hijau

Siapa sangka jika teh hijau ternyata juga bisa menurunkan kolesterol jahat? Ini berkat kandungan katekin yang merupakan antioksidan bisa membantu mencegah kerusakan sel dan mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah yang berasal dari makanan tinggi kolesterol.

Untuk membantu menurunkan kolesterol, tambah juga asupanmu dengan meminum Nestle ACTICOR setiap hari dua kali setelah makan. Nestle ACTICOR merupakan minuman mengandung susu yang di dalamnya terdapat serat pangan larut yang berasa dari Inulin dan Beta-glucan yang berperan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebagai salah satu penyebab sakit jantung.

Nestle ACTICOR termasuk minuman rendah lemak. Kamu bisa mencoba empat ragam rasa Nestle ACTICOR, antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte.

Agar makin nikmat Nestle ACTICOR bisa ditambah es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang usianya lebih dari 18 tahun yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buka dengan makanan apapun, minum Nestle ACTICOR untuk bantu kolesterol turun.

 

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!