Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Cara Tepat untuk Mengatur Pola Makan Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi!

Mungkin ada dari kamu yang punya keinginan untuk memperbaiki gaya hidup agar bisa lebih sehat, salah satunya terhindar dari kolesterol tinggi.

Load more

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti melakukan olahraga secara rutin, mengontrol berat badan, tidak merokok, tidur cukup, dan menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi. Nah, untuk menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi diperlukan siasat mengatur pola makan yang tepat. Kamu bisa mengikuti cara mengatur pola makan ini di kehidupan sehari-hari.

Mengurangi Mengonsumsi Daging Merah dan Produk Susu Tinggi Lemak Serta Banyak Konsumsi Ikan

Salah satu makanan penyebab kolesterol tinggi adalah produk susu yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi dan daging merah. Maka dari itu, sebaiknya batasi konsumsi makanan-makanan tersebut. Jika ingin mengonsumsi susu pilih yang rendah lemak. Sementara jika ingin mengonsumsi daging, pilih saja bagian yang tidak ada lemaknya. Jika ingin mengonsumsi ayam, juga pastikan buang kulitnya dan lebih baik cara mengolahnya jangan digoreng, tapi dipanggang, kukus, atau rebus.

Kamu juga bisa memilih untuk memperbanyak mengonsumsi ikan seperti tuna, salmon, dan sarden dalam keseharian. Ikan-ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk mengurangi risiko pembekuan darah dan peradangan serta menaikkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Omega 3 juga dikenal baik untuk kesehatan jantung. 

Baca juga: Kurangi Lemak Jahat, Salah Satu Kunci Diet Rendah Kolesterol

Jangan Lupakan Buah dan Sayur Setiap Hari

Serat menjadi salah satu kandungan yang sudah diketahui membantu menurunkan kolesterol jahat. Untuk mendapatkan kandungan ini, kamu disarankankan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Tidak hanya serat, di dalam dua makanan sehat ini pun terkandung banyak sekali mineral, antioksidan, dan vitamin yang baik untuk kesehatan.

Tidak Mengonsumsi Makanan yang Digoreng dan Mengandung Margarin Secara Berlebihan

Makanan penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah yang diolah dengan cara digoreng. Makanan jenis ini dikenal mengandung lemak trans. Jadi sebaiknya kamu harus mengurangi atau menjauhi makanan yang digoreng. Bukan cuma itu, makanan yang di dalamnya ada bahan margarin atau mentega seperti biskuit, roti putih, dan kue juga sebaiknya dikurangi karena di dalamnya ada lemak trans yang cukup tinggi.

Batasi Makanan yang Tinggi Garam dan Gula

Makanan penyebab kolesterol tinggi juga termasuk yang mengandung tinggi garam dan gula. Itulah sebabnya, tekanan darah tinggi dan diabetes menjadi penyakit yang salah satunya dipicu oleh kolesterol tinggi.

Untuk garam sebaiknya tidak lebih dari 1 sendok teh garam dalam satu hari. Itu termasuk garam yang ditambahkan dalam masakan, maupun garam yang di meja, atau yang sudah ada di dalam produk makanan. Sedangkan untuk gula tambahan pada orang dewasa disarankan tidak melebihi 6 sendok teh per harinya.

Mengonumsi Biji-bijian dan Kacang-kacangan dalam Menu Harian

Biji-bijian dan kacang-kacangan bukanlah termasuk makanan penyebab kolesterol tinggi. Bahkan sangat bagus jika ada dalam menu harian atau dijadikan sebagai camilan. Keduanya dipercaya mengandung  serat larut air yang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat.

Kamu bisa mengonsumsi biji-bijian seperti biji rami dan biji wijen serta kacang-kacangan seperti almond, flaxseed, hazelnut, kedelai, dan walnut.

Itu tadi cara tepat untuk mengatur pola makan agar bisa menghindari kolesterol tinggi. Selain memerhatikan pola makan, perlu juga mengonsumsi minuman penurun kolesterol seperti Nestle ACTICOR  2x sehari setelah makan. Di dalamnya ada Beta Glucan dan Inulin yang teruji klinis bantu turunkan kolesterol.

Ada empat varian rasa Nestlé ACTICOR, yakni Green-Tea Latte, Chocolate, Avocado, dan Banana. Jika kamu suka minuman yang dingin, Nestlé ACTICOR bisa disimpan di kulkas terlebih dulu sebelum mengonsumsinya.

ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol!

Baca juga: Inspirasi Makanan Penurun Kolesterol Lezat yang Bisa Menemani Aktivitas Selama di Rumah