Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Apa Saja Manfaat Puasa untuk Jantung? Ini Jawabannya

Puasa di bulan ramadhan menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim. Selain karena dapat membawa ketenangan jiwa dan menjadi momen untuk meningkatkan ibadah, berpuasa selama ramadhan mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh tubuh, tidak terkecuali bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung.

Load more

Ingin tahu apa saja manfaat puasa untuk jantung? Yuk, simak beberapa di antaranya berikut ini!

 

Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Manfaat puasa untuk jantung yang pertama adalah kemampuannya membantu kamu mengatur kadar gula darah. Walaupun diabetes dan penyakit jantung merupakan dua kondisi kesehatan yang berbeda, keduanya ternyata dapat saling berhubungan. Pasalnya, penyakit diabetes yang dibiarkan bisa mengakibatkan meningkatkan risiko stroke dan munculnya penyakit arteri perifer.

Dalam hal ini, puasa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula berlebih di dalam tubuh. Tidak hanya itu, aktivitas ibadah ini juga dapat mengurangi resistensi terhadap insulin, yang merupakan penyebab kadar gula darah tinggi.

 

Mengurangi Kolesterol Jahat

Salah satu faktor yang menyebabkan kolesterol tinggi adalah ketika low-density lipoproteins (LDL) pada tubuh meninggi. Hal ini disebabkan oleh risiko LDL yang bisa membuat kolesterol mengendap di arteri dan mengakibatkannya menjadi sempit (atherosclerosis).

Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan strokstroke, serangan jantung, gagal jantung, bahkan kematian. Untungnya, ada manfaat puasa untuk jantung yang dapat kamu rasakan demi menghindari gangguan kesehatan tersebut. Pasalnya, berpuasa terbukti dapat mengurangi LDL bahkan hingga 25%. Hebat, bukan?

 

Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa faktor terjadinya penyakit jantung kerap kali dipicu oleh berat badan berlebih. Kondisi ini ternyata dapat berakhir pada peningkatan tekanan darah dan juga kadar kolesterol. Apabila kamu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka bulan ramadhan pun menjadi momen yang tepat.

Selain karena asupan makanan yang lebih sedikit dari biasanya, berpuasa juga merupakan kesempatan yang tepat untuk kamu memperhatikan dan menentukan santapan yang dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Yang jelas, selalu pastikan kebutuhan nutrisi harianmu tetap terpenuhi agar dapat tetap sehat selama berpuasa.

 

Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Bulan Puasa

Untuk memastikan manfaat puasa untuk jantung di atas bisa didapatkan, kamu perlu menerapkan beberapa gaya hidup sehat selama berpuasa, yaitu dengan:

  1. Tetap beraktivitas fisik atau berolahraga dengan melakukannya sebelum berbuka puasa. Hal ini bertujuan agar energi yang hilang dapat cepat tergantikan melalui makanan
  2. Menghindari santapan berbuka dengan kandungan lemak jenuh sebab senyawa ini mampu meningkatkan kolesterol LDL dan risiko terkena penyakit jantung
  3. Menghindari proses menggoreng makanan dan memilih metode lain untuk memasak menu sahur dan berbuka, seperti mengukus atau menumis
  4. Menyantap makanan yang tinggi Omega-3, seperti ikan kembung dan salmon bisa meningkatkan kolesterol baik HDL (high-density lipoproteins) serta menurunkan trigliserida dalam tubuh
  5. Mengonsumsi serat larut (soluble fiber) yang terdapat pada sayuran dan buah agar dapat menurunkan kadar kolesterol LDL
  6. Berhenti merokok untuk menghindari risiko peningkatan tekanan darah, pelemahan pembuluh darah, serta penggumpalan darah. Merokok juga dapat meningkatkan risiko stroke dan juga jantung.

 

Nah, itulah tadi berbagai manfaat puasa untuk jantung yang bisa kamu dapatkan di bulan ramadhan ini. Agar dapat merasakan manfaatnya secara maksimal, pastikan kamu menjalani puasa secara tepat, yakni dengan memilih makanan yang tepat untuk berbuka dan sahur, tetap rutin berolahraga, serta menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang berdampak buruk untuk kesehatan jantung.

 

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengonsumsi Nestlé Acticor ACTICOR yang merupakan cara alami turunkan kolesterol. Nestlé ACTICOR diperkaya kandungan soluble fiber yang diambil dari tanaman chicory (inulin) dan juga oats (beta glucan). Kedua kandungan ini dipercaya teruji dapat mampu membantu turunkan kadar kolesterol LDL yang merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menikmati segala kebaikan tersebut melalui 4 rasa nikmat, antara lain Chocolate, Avocado, Banana, dan juga Green Tea Latte. Keempat variannya baik untuk kamu konsumsi sehari dua kali setelah makan menyantap makanansahur dan berbuka.

 

Nestlé ActicorACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!