Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Foto : shutterstock

Alami 5 Tanda Ini? Bisa Jadi Jantungmu Bermasalah

Oleh : Faidah Umu Sofuroh

Jakarta - Penyakit jantung dapat dialami oleh siapa saja, baik orang tua maupun orang yang masih berusia muda. Penyakit jantung merupakan suatu kondisi jantung yang mengalami gangguan. Penyakit ini masih menjadi salah satu penyakit yang paling besar menyebabkan kematian di dunia.

Load more

Serangan jantung juga tidak mengenal waktu. Ada yang datang setelah lelah berolahraga, ada pula yang datang ketika seseorang sedang tertidur. Jika kamu mengalami 5 tanda ini, bisa jadi ada yang salah dengan jantungmu. Yuk, kenali gejala penyakit jantung sejak dini.

Nyeri Dada, Bahu, Leher, Tenggorokan, dan Lengan

Nyeri dada adalah salah satu gejala yang paling umum dari penyakit jantung. Berawal dari nyeri di dada, selama beberapa menit kemudian rasa nyeri mungkin akan menyebar ke bahu, leher, tenggorokan, dan lengan.

Rasa nyeri yang dirasakan biasanya berasa tajam, seperti otot yang tertarik. Nyeri ini juga bisa datang dan pergi, kadang terasa hari ini, tapi sudah lenyap keesokan harinya. Mati rasa, kejang, atau kesemutan juga kerap menyertai rasa nyeri tersebut.

Keluar Keringat Berlebih yang Tak Biasa

Padahal kamu sedang tidak melakukan aktivitas yang menguras tenaga, tapi keringat terus mengucur deras. Bisa jadi itu adalah gejala serangan jantung. Jika munculnya keringat disertai rasa demam dan bertahan lebih dari seminggu atau sering hilang timbul, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Dalam studi yang dilakukan University of Chicago, keringat berlebih di berbagai area tubuh, misalnya dada, punggung, telapak tangan dan kaki sering menjadi indikasi pertama bahwa ada sesuatu yang salah, sebelum terjadinya serangan jantung.

Mendengkur dan Gangguan Tidur

Mendengkur atau ngorok sering kali dikira tidur yang pulas. Walau terbilang normal jika tidak terlalu keras, namun jika bersuara keras dan diikuti dengan suara tersedak bisa jadi tanda gangguan tidur atau sleep apnea. Sleep apnea menyebabkan kamu berhenti bernapas selama beberapa kali saat tidur, dan hal ini bisa menekan jantung.

Detak Jantung Tak Beraturan

Normal jika kita mendadak berdebar saat kita tegang atau sedang bergembira. Perasaan berdebar juga bisa dialami orang yang terlalu banyak konsumsi kafein dan kurang tidur. Namun jika hal tersebut terjadi tanpa alasan, baik sesekali maupun sering, segera periksakan. Bisa jadi ini merupakan kondisi fibrilasi atrium yang butuh penanganan segera.

Bengkak di Kaki

Munculnya bengkak di kaki bisa disebabkan karena jantung tidak memompa secara efektif. Sehingga darah menumpuk di pembuluh dan menyebabkan pembengkakan. Gagal jantung juga menyebabkan organ lain seperti ginjal sulit menyingkirkan air dan sodium ekstra dari tubuh, sehingga menjadikan pembengkakan umumnya di kaki.

Agar kamu terhindar dari gejala-gejala penyakit jantung, kamu harus senantiasa menjaga kesehatan jantung. Mulai dari rutin berolahraga, melakukan gaya hidup sehat, dan kurangi makan makanan yang tidak sehat, berkolesterol tinggi dan menyebabkan obesitas.

Jika kamu sudah merasa bahwa 'saya sudah tahu bahaya kolesterol tinggi', maka kamu harus mencari cara untuk turunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yakni meminum Nestlé ACTICOR untuk turunkan kadar kolesterolmu.Makanan yang sehat merupakan salah satu kunci jantung yang sehat. Sebab, jika makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi, akan menyebabkan penyakit kolesterol. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama sakit jantung.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman yang mengandung beta glucan dan inulin. Kandungan ini teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beta glucan dan inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami yang rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana.

Tak hanya itu, Nestlé ACTICOR juga rendah lemak dan bisa menjadi sumber vitamin B1 dan B2. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa (lebih dari 18 tahun) yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Kamu bisa meminumnya 2 kali setiap hari setelah makan, agar kolesterol jahat bisa turun.

Dengan Nestlé ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang menjadi salah satu faktor penyakit jantung. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu utama penyakit jantung.

Mulai hari ini, yuk minum Nestlé ACTICOR setiap hari.

Sumber : Detik.com