Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Olahraga dan Aktivitas Rumah yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tidak keluar rumah untuk sesuatu yang tidak terlalu penting merupakan salah satu bentuk penerapan new normal saat ini. Namun, hal ini bukan berarti kita tidak melakukan olahraga, loh. Pasalnya, tubuh harus tetap aktif bergerak meski di rumah agar kondisi tubuh tetap bugar.

Load more

cara menurunkan kolesterol tinggiSelain mendapatkan tubuh yang bugar, rutin berolahraga juga bakal membakar lemak dan memperbaiki kinerja jantung, sehingga kamu bisa menekan risiko berbagai penyakit; salah satunya yang berkaitan dengan kolesterol.

Olahraga bisa dijadikan sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi karena aktivitas ini bisa membuat lemak jahat dan kalori ikut berkurang. Tidak hanya itu, aktivitas fisik selama di rumah juga perlu dilakukan agar bantu turunkan kolesterol.

Nah, buat kamu yang sedang ingin menurunkan kolesterol, berikut rekomendasi jenis olahraga dan aktivitas rumah yang bisa dilakukan.

Olahraga untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Ada dua jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membakar lemak, yakni aerobik dan anaerobik. Olahraga aerobik merupakan aktivitas fisik yang identik dengan gerakan cepat dan bisa membakar lemak. Sementara olahraga anaerobik identik dengan aktivitas yang tidak memerlukan gerakan cepat dan bisa membakar gula.

Olahraga Aerobik

Berenang

Jika kamu bisa berenang, tidak ada salahnya untuk menjadikan olahraga satu ini kegiatan rutin yang dilakukan. Faktanya, dengan berenang kamu bisa menjadikannya sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi.

Hal ini disebabkan oleh manfaatnya yang bisa membakar kalori dengan cukup besar. Berenang juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Jogging

Jogging di sekitar rumah tentu masih boleh dilakukan. Olahraga satu ini akan membantu peredaran darah jadi lebih lancar dan menjaga tekanannya tetap stabil, mengontrol gula darah, dan membuat kerja jantung lebih optimal. Jogging yang dilakukan secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.

Zumba

Zumba juga bisa loh dijadikan olahraga sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi. Olahraga yang termasuk dalam jenis aerobik ini membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Mau olahraga zumba tapi bingung karena pusat kebugaran langganan belum juga membuka kelasnya? Coba manfaatkan kelas zumba online yang kini banyak dibuka. Selain bisa tetap berada di rumah, kamu pun bisa lebih berhemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk ke tempat olahraga.

Olahraga Anaerobik

Sit Up & Push Up

Lakukanlah sit up sebisa kamu. Manfaatnya mampu membuat lemak jadi berkurang dan melatih otot di bagian perut. Kamu bisa lakukan hal ini secara rutin setiap hari dengan terus meningkatkan frekuensinya. Untuk push up juga bisa membuat lemak dan kalori lebih banyak terbakar. Push up pun juga bisa buat otot lebih kuat.

Skipping

Olahraga lompat tali dengan skipping bisa juga bantu membakar kalori yang bisa dilakukan di rumah. Coba lakukan setengah jam sehari demi membentuk otot-otot tubuh, membakar lemak, dan melancarkan sirkulasi darah.

Yoga

Meskipun olahraga ini bersifat meditasi, kamu juga bisa menjadikannya salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi. Meditasi yoga membuat kadar stres yang memicu sakit jantung jadi berkurang. Tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat pun bakal ditekan. Yoga jenis tertentu seperti ashtanga, hot yoga, atau power yoga juga bisa bantu membakar lemak

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan melakukan olahraga aerobik dan anaerobik yang sudah dijelaskan di atas perlu dilakukan 30 menit setiap hari. Tapi jika tidak memungkinkan, lakukanlah 15 menit setiap hari.

Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan olahraga ini perlu memperhatikan lamanya durasi yang dilakukan dibandingkan dengan intensitas saat melakukan olahraga. Semakin banyak kalori dan lemak jahat yang terbuang, membuat kolesterol jahat jadi lebih rendah dan kolesterol baik meningkat.

Baca juga: 4 Gaya Hidup yang Jadi Penyebab Kolesterol Naik di Kalangan Milenial

Aktivitas Rumah yang Bisa Dilakukan

Jangan anggap remeh pekerjaan rumah tangga sebab hal ini bisa membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Aktivitas rumah seperti mencuci baju manual dan menjemur pakaian, mencuci kendaraan, mengepel, mendekor rumah, dan berkebun bisa dilakukan. Intinya semakin aktif dan teratur kamu melakukannya, manfaatnya pun bakal terasa.

Hal yang tidak boleh dilupakan juga selain aktif berolahraga dan melakukan aktivitas rumah, yaitu menjaga pola makan dengan selalu mengonsumsi makanan sehat yang berserat, jauhi lemak jenuh dan trans, tidak merokok, tidur cukup, dan kelola stres agar tidak berlebih.

Konsumsi juga Nestlé ACTICOR yang di dalamnya terdapat serat pangan larut yang berasal dari beta glucan dan inulin yang sudah teruji klinis menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Kamu bisa memilih empat ragam rasa Nestlé ACTICOR, antara lain Green-Tea Latte, Banana, Chocolate, dan Avocado. Jangan lupa konsumsi 2x sehari setelah makan.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Orang Muda Juga Bisa Kena! Yuk, Cari Tahu Cara Mencegah Jantung Koroner