Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Tidak Hanya Makanan, Inilah 7 Penyebab Kolesterol Tinggi!

Kadar kolesterol tinggi merupakan sebuah ancaman yang serius bagi kesehatan kita. Pasalnya, kadar kolesterol yang berada di luar ambang batas berisiko terkumpul dan mengendap di dinding arteri kita (aterosklerosis). Seiring berjalannya waktu, pengendapan ini mampu menghambat peredaran darah dan memicu penyakit serius serta mematikan, seperti penyakit jantung dan juga strok.

Load more

penyebab kolesterol tinggi selain makananSetelah mengetahui ancaman ini, wajar saja jika kebanyakan dari kita akan langsung mengonsumsi makanan sehat yang tinggi serat. Tapi, perlu dipahami bahwa memiliki pola makan sehat saja tidak cukup jika kamu tidak menyadari adanya faktor-faktor lain dan juga menghindari keberadaan faktor tersebut.

Berikut ini berbagai penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang perlu diwaspadai!

1. Stres

Tekanan pikiran dapat berasal dari berbagai hal, misalnya masalah pekerjaan, keuangan, dan juga keluarga. Tapi, upayakan untuk melakukan stress management karena stres yang berlangsung terus menerus merupakan penyebab kolesterol tinggi selain makanan dan akan berbahaya bagi kadar kolesterol tubuh.

Tidak hanya itu, stres juga membuat tubuh kita mengeluarkan hormon kortisol yang disinyalir mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat. Dengan demikian, tubuh pun akan mengeluarkan hormon adrenalin saat berhadapan pada stres. Hormon adrenalin ini bisa memicu peningkatan trigliserida yang juga mampu memicu peningkatan kadar kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins).

Perlu dipahami bahwa baik kolesterol jahat LDL dan juga trigliserida mampu mengendap di arteri. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga strok.

Baca juga: Masih Sulit Menghindari Makanan Pantangan Kolesterol? Ini Cara Jitu untuk Aman Mengonsumsinya

2. Kurang Berolahraga

Jika kamu sering menghabiskan waktu luang dengan duduk dan nonton TV saja, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan hidup dan adopsi rutinitas berolahraga. Pasalnya, berolahraga mampu membantu meningkatkan kolesterol baik HDL (high-density lipoproteins).

Kolesterol baik ini hampir sama dengan LDL karena keduanya terdiri dari lipoprotein dan juga kolesterol. Namun, HDL akan membawa kolesterol keluar dari tubuh, sedangkan LDL akan berisiko mengendap di arteri. Memperbanyak HDL lewat berolahraga bisa menurunkan dampak buruk LDL dan juga kadar total kolesterol.

Untuk memperoleh manfaatnya, kamu bisa melakukan aktivitas aerobik, misalnya berlari, berenang, dan bersepeda. Lakukan setidaknya 5 kali seminggu selama 30 menit per sesi, ya!

3. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok memiliki banyak dampak buruk bagi tubuh. Salah satunya yakni meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok serta menjadi penyebab kolesterol tinggi selain makanan.

Pasalnya, merokok mampu menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah, sehingga membuat kolesterol jahat semakin mudah mengendap. Selain itu, merokok pun bisa mengurangi kadar HDL di tubuhmu dan menjadikan kadar total kolesterol semakin meningkat lagi.

Jika memiliki kebiasaan buruk satu ini, jangan tunggu lebih lama lagi dan berhentilah merokok sekarang juga.

4. Usia yang Bertambah

Tidak dimungkiri, kondisi fisik yang dimiliki manusia menurun seiring berjalannya waktu. Tapi, perlu dipahami juga bahwa faktor usia juga merupakan penyebab kolesterol tinggi selain makanan. Sebab, organ liver atau hati yang kita miliki mungkin akan tidak dapat berfungsi seperti sedia kala dalam membuang kolesterol.

Maka dari itu, kamu perlu selalu memperhatikan kadar kolesterol, terutama jika sudah lanjut usia. Lakukan medical check-up atau pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin sesuai anjuran dokter.

5. Penyakit Diabetes

Ternyata, banyak dari kita yang mengidap penyakit diabetes dan juga kolesterol tinggi. Hal ini bisa dianggap wajar saja sebab menurut American Heart Association (AHA), penyakit diabetes seringnya mampu meningkatkan LDL dan trigliserida serta mengurangi kadar HDL.

Saat ini, penyebabnya sedang diteliti lebih lanjut secara klinis. Namun, tetaplah waspada dan memastikan kadar gula darah dan kolesterol sama-sama stabil melalui pola hidup yang baik dan juga penanganan medis sesuai anjuran dokter, seperti minum obat atau suntik insulin bagi yang memerlukan.

6. Faktor Genetik

Selain diabetes, ada pula kondisi kesehatan lainnya yang merupakan penyebab kolesterol tinggi selain makanan, yakni familial hypercholesterolemia (FH). Kondisi genetik ini membuat para pengidapnya memiliki kadar kolesterol tinggi yang bahkan tidak bisa dikelola dengan pola hidup sehat saja.

Pada kondisi FH, organ liver akan kesulitan atau tidak bisa membuang lipoprotein. Menurut National Institutes of Health di Amerika Serikat, hal ini menyebabkan para pengidapnya bisa memiliki kadar kolesterol hingga 6 kali lebih tinggi dari biasanya.

Bila kamu mengidap kondisi ini, pastikan untuk mendapatkan penanganan secara medis. Kemudian, diskusikan juga dengan ahli kesehatan tentang pola hidup yang bisa mendukung pengobatan.

7. Berat Badan yang Berlebihan

Body mass index (BMI) adalah pengukuran untuk mengetahui kadar lemak pada tubuh. Nah, secara garis besar, orang-orang yang memiliki BMI di atas 30 akan lebih berisiko memiliki kadar kolesterol serta trigliserida yang tinggi. Jadi, upayakan untuk menjaga pola makan serta memulai kebiasaan berolahraga yang rutin untuk menghindari penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang satu ini!

Demikian tadi berbagai penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang perlu kamu hindari. Secara umum, dibutuhkan perubahan gaya hidup secara menyeluruh untuk dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh. Namun, jika kolesterol tinggi disebabkan kondisi kesehatan tertentu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan dan juga penanganan secara medis.

Selanjutnya, demi membantu menurunkan kolesterol, kamu juga bisa loh mengonsumsi Nestlé ACTICOR 2 kali sehari. Tidak hanya hadir dalam 4 varian lezat (Avocado, Banana, Chocolate, dan Green Tea Latte), Nestlé ACTICOR juga mengandung 2 jenis serat larut (inulin dari akar chicory dan beta-glucan dari oats) yang teruji mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!