Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Jaga Kesehatan Jantung Dengan 7 Pilihan Makanan yang Tidak Mengandung Kolesterol Ini

Semakin usia seseorang bertambah, semakin banyak tanggung jawab yang harus diemban. Bahkan, tidak jarang, rutinitas yang ada justru membuat tubuh kamu kelelahan. Kalau sudah begitu, bisa-bisa pola konsumsi makanan pun jadi sembarangan. 

Load more

Ingat, sesibuk apa pun, kesehatan tubuh kamu adalah prioritas utama, wajib dijaga. Pola tidur yang teratur dan olahraga yang rutin perlu diterapkan demi kebugaran jasmani. Lebih dari itu, kamu pun harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Nyatanya, beberapa kandungan dalam makanan yang terlalu berlebihan bisa memberikan dampak negatif pada organ-organ tubuh. 

Salah satu organ tubuh yang penting untuk kamu jaga adalah jantung, pemompa darah di dalam tubuh kamu. Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu penumpukan lemak atau plak pada pada dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di jantung (pembuluh darah koroner).

Dengan demikian, aliran darah pun akan tersumbat sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner. Berarti, perlu diingat bahwa penyakit jantung koroner bisa terjadi apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi kolesterol, apalagi kolesterol jahat atau kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Maka, penting sekali buat kamu menjaga pola konsumsi. Lantas, makanan apa saja yang bisa kamu santap dalam rangka menjaga kesehatan jantung? Simak ulasannya lebih lanjut, ya!

1. Kacang-Kacangan

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi kacang seperti almond, kenari, dan kacang tanah mampu menurunkan LDL dan menjaga kesehatan jantung. Lebih dari itu, makanan kedelai seperti tahu, susu, bahkan kacang kedelai juga mampu meredam kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

2. Buah Apel, Anggur, Stroberi, dan Jeruk

Buah-buahan ini mengandung pektin, yakni sejenis serat yang mampu menurunkan kadar LDL. Pektin yang merupakan salah satu jenis serat larut air punya kemampuan untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida serta mengontrol gula darah. 

3. Oily or Fatty Fish

Oily or Fatty Fish bisa juga disebut sebagai ikan berminyak. Jika dikonsumsi sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu, ikan ini mampu mencegah irama jantung yang tidak normal. Hal ini tidak terlepas dari kandungan di dalam ikan berminyak, yaitu lemak Omega-3.

4. Oatmeal

Oatmeal telah dianggap sebagai makanan bergizi untuk sarapan. Apabila dikonsumsi secara rutin dalam beberapa minggu, oatmeal mampu menurunkan risiko sakit jantung karena kadar LDL dapat diredam.

5. Kakao

Kakao adalah bahan dasar dalam dark chocolate. Nutrisi ini mampu menjaga kadar LDL di dalam tubuh sehingga LDL tidak teroksidasi dan mengakibatkan penyakit jantung.

Baca juga: Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda

6. Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang sehat bagi tubuh, yakni lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Jika dikonsumsi sebanyak satu alpukat per hari, kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dapat diredam dan kesehatan jantung pun bisa terjaga.

7. Sayuran Berdaun Gelap

Tentu saja, sayuran wajib masuk ke dalam daftar makanan-makanan yang tidak mengandung kolesterol. Sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kangkung mampu mengikat asam empedu dan membuat tubuh kamu terjaga dari kolesterol jahat.

Di atas tadi adalah makanan yang tidak mengandung kolesterol dan mampu menjaga kesehatan di dalam tubuh, khususnya jantung. Dengan mengonsumsi tujuh makanan tersebut, kadar LDL pada tubuhmu dapat diredam. Risiko penyakit jantung koroner pun dapat diminimalkan.

Selain mengonsumsi daftar makanan-makanan tadi, tentunya kamu juga perlu menerapkan pola hidup yang sehat seperti menyeimbangkan waktu bekerja atau bermain dengan istirahat. Jam tidur punya peranan yang penting dalam menjaga bahkan meningkatkan kebugaran tubuh. Lebih dari itu, olahraga juga perlu dilakukan sehingga kekebalan dan stabilitas tubuh mampu terjaga pada tingkat yang baik. 

Kemudian, mengonsumsi Nestlé ACTICOR sebanyak dua kali dalam sehari juga mampu menunjang kesehatan tubuhmu. Nestlé ACTICOR memiliki kandungan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin yang bermanfaat untuk penurunan kolesterol. Terlebih lagi, kamu pun bisa mengonsumsi Nestlé ACTICOR dengan praktis lewat kemasan botol dan berbagai varian rasa seperti Green Tea Latte, Chocolate, Banana, dan Avocado. 

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!