Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Kolesterol Tinggi? Konsumsi 6 Sayuran Penurun Kolesterol Secara Alami Ini!

Cara yang paling ampuh dalam menurunkan kolesterol adalah memperbaiki pola makan dan hidup sehat. Namun, ada banyak hal yang sebenarnya bisa ditempuh untuk menurunkan kolesterol secara alami, misalnya menambahkan makanan yang menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL).

Load more

Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko pada penyumbatan arteri, yang disebabkan oleh partikel pembawa kolesterol berbahaya yang berkontribusi pada aterosklerosis. Makanan untuk menurunkan tingkat risiko kolesterol pun sangat beragam dan biasanya mengandung beberapa kandungan yang bisa mengikat kolesterol dan prekursornya dalam sistem pencernaan, juga menyeretnya keluar dari tubuh.

Nah, berikut adalah sayuran untuk menurunkan kolesterol secara alami yang berfungsi memberi kamu asupan lemak tak jenuh ganda, yang secara langsung menurunkan LDL dan dapat menghalangi tubuh dalam menyerap kolesterol.

1. Terong

Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard Education, terong merupakan makanan rendah kalori dan merupakan sumber serat larut yang tinggi. Zat besi yang terkandung di dalamnya juga akan membantu dalam penurunan kadar kolesterol jahat. Sayuran untuk menurunkan kolesterol jahat ini yang kemudian bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih lancar dan terhindar dari penyumbatan.

2. Kacang Polong

Kacang polong juga diteliti memiliki kandungan yang kaya akan serat larut. Bukan hanya itu, jenis sayuran untuk menurunkan kolesterol yang satu ini juga dapat menimbulkan efek kenyang yang lebih lama karena membutuhkan waktu yang relatif lama untuk dicerna oleh tubuh.

Hal tersebutlah yang kemudian menjadi alasan kuat untuk membantu orang-orang dengan kolesterol tinggi menjalankan dietnya. Bahkan, kacang polong juga memiliki banyak pilihan, mulai dari garbanzos, kacang polong hitam, hingga kacang merah.

3. Kembang Kol

Kalau kacang polong memiliki serat yang kaya, sayur kembang kol pun juga memilikinya. Namun,  fungsi dari kembang kol ini bahkan bisa menggantikan asupan nasi putih yang biasanya kamu konsumsi. Warna yang putih dan ketebalan teksturnya cocok untuk dijadikan pengganti nasi. Kamu bisa memarut dan mengaduknya di dalam food processor, lalu dapat ditumis dengan sedikit minyak zaitun agar menghasilkan tekstur yang lebih empuk.

4. Wortel

Sayuran ini adalah jenis yang cukup populer dan mudah ditemukan. Misalnya, dalam tumis-tumisan atau sup. Selain nikmat dimakan dengan resep masakan yang beragam, wortel pun merupakan camilan yang juga enak untuk dikunyah. Sayur ini memiliki tekstur kriuk, yang nyaman untuk mulut kita. Selain itu, di dalam kandungannya pun wortel memiliki serat dengan dosis yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh tanpa harus khawatir akan kolesterol tinggi.

Baca juga: Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda

5. Okra

Di dalam tumbuhan bernama okra ini memiliki serat larut yang cukup tinggi, ia juga mengandung zat lendir yang dapat mengikat kolesterol selama dicerna oleh tubuh kita. Jadi, jika kamu sering memakan okra, niscaya proses ekskresi pun akan lancar.

Dilansir dari Healthline, kandungan vitamin dalam okra pun beragam. Mulai dari Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, sampai Vitamin B6. Lebih dari itu okra juga memiliki kandungan magnesium dan asam folat yang baik untuk tubuh.

6. Minyak Sayur

Jika membicarakan makanan sehat, ada yang kurang jika kita tidak membahas minyak yang biasanya digunakan untuk proses pembuatan makanan. Kadar minyak biasa rata-rata memiliki persentase lemak jenuh yang sangat besar, sehingga menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega.

Sementara minyak biasa sesungguhnya atau minyak sayur dapat membantu menurunkan LDL dalam tubuh karena minyak jenis ini berasal dari tumbuhan nabati, kandungan kolesterol jahat di dalamnya pun lebih sedikit.

Nah, itulah daftar makanan yang dapat membantu kamu menurunkan kandungan kolesterol dalam asupan sehari-hari. Walaupun tidak bisa benar-benar terbebas dari kolesterol jahat, kamu dapat menggunakan referensi tadi untuk menjaga pola makan dan sebagai inspirasi makanan agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil.

Selain pintar-pintar dalam memilih asupan, kamu juga dapat mengonsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari. Terdapat kandungan serat larut inulin dan beta glucan di dalamnya. Kedua kandungan tersebut diperoleh dari tanaman bernama chicory dan oat yang teruji secara klinis dapat bantu turunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh.

Dikemas dalam botol praktis, kamu dapat menikmati Nestlé ACTICOR dalam 4 varian, seperti rasa Green Tea Latte, Chocolate, Banana, dan juga Avocado. Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!