Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Sering Disangka Sehat, Ternyata 5 Makanan Ini Tinggi Kolesterol

Makanan bernutrisi memang baik untuk kesehatan. Sayangnya, tidak semua makanan sehat bisa bebas dikonsumsi setiap hari. Terdapat beberapa makanan punya nutrisi, namun mengandung kolesterol tinggi di dalamnya.

Load more

Makanan tinggi kolesterolKolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menyumbat arteri, sehingga memicu penyakit seperti jantung koroner, strok, dan tekanan darah tinggi. Di bawah ini ada makanan tinggi kolesterol yang sering disangka sehat, namun perlu waspadai.

Keju

Rasanya makanan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Selain karena rasanya yang asin dan gurih, biasanya keju juga mengandung nutrisi seperti vitamin A dan vitamin B, protein, dan kalsium. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu jika keju termasuk makanan tinggi kolesterol dan banyak mengandung lemak jenuh.

Kadar kolesterol bergantung pada jenis keju yang dikonsumsi. Sebagai contoh, 1 sendok makan keju Amerika memiliki kandungan 77 miligram kolesterol dan 18,7 gram lemak jenuh. 1 cangkir keju cheddar memiliki kandungan 131 miligram kolesterol dan 24,9 gram lemak jenuh. 1 cangkir keju Swiss memiliki kandungan 123 miligram kolesterol dan 24,1 gram lemak jenuh.

Sebelum membeli keju-keju tersebut, ada baiknya untuk cek porsi kandungan lemak pada label nutrisi produk karena tiap jenis dan merek cukup beragam. 

Daging Merah

Manfaat daging merah, yakni sebagai sumber protein. Namun daging domba, sapi, dan kambing ternyata juga mengandung kolesterol tinggi, lemak trans, dan lemak jenuh. Dalam satu minggu masih dapat  konsumsi 350-500 gram (10 potong daging ukuran sedang) daging merah yang dimasak matang.

Jika ingin mengonsumsi daging merah, pilih yang tidak berlemak. Masaklah daging dengan cara direbus, kukus, atau panggang saja daripada digoreng.

Yogurt

Di dalam yogurt full-fat mengandung gizi yang baik bagi tubuh seperti fosfor, kalsium, dan magnesium. Namun dibalik kandungan tersebut yogurt full-fat juga menyimpan kolesterol tinggi. Misalnya pada secangkir kecil yogurt terdapat 31,9 miligram kolesterol. Angkanya memang kecil, tapi terkadang karena rasanya yang nikmat, orang bisa mengonsumsi lebih dari 1 cangkir, bahkan 1 mangkok.

Baiknya konsumsi yogurt tawar atau greek yoghurt yang tidak memiliki kandungan lemak di dalamnya dan membantu turunkan kolesterol. Kandungan yang terdapat pada yogurt tawar dan greek yogurt ada  kalsium, protein, dan probiotik. Selain itu, yogurt jenis ini pun akan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Telur

Telur kaya akan kandungan protein. Di dalamnya juga ada kandungan vitamin, karbohidrat, dan mineral. Meski demikian, telur akan baik bagi tubuh asalkan tidak berlebihan dikonsumsi setiap hari. Satu telur besar memiliki 186 mg kolesterol yang ada pada kuning telur.

Salah satu trik agar tetap bisa konsumsi telur tanpa takut kolesterol, yakni dengan mengonsumsi putih telur saja. Pada putih telur masih terdapat protein dan tidak ada kolesterol. Jangan pula mengolah telur dengan cara digoreng dan menambahkan mentega/margarin sebab hal ini justru menambah kandungan kolesterol telur.

Bila kamu sarapan mengonsumsi telur, saat makan siang jangan pilih makanan tinggi kolesterol lain, misalnya daging berlemak, gorengan, atau makanan cepat saji. Bila sudah memiliki kolesterol tinggi, kamu masih bisa makan 4 telur per minggu.

Seafood

Seafood juga menjadi makanan tinggi kolesterol, misalnya lobster. Dalam 3 ons daging lobster terdapat 61 mg kolesterol dan udang seberat 100 gram memiliki 166 mg kolesterol. Untuk kepiting, dengan berat 100 gram mengandung 55-59 mg kolesterol. Cara memasak seafood pun juga sangat memengaruhi kadar kolesterolnya. Baiknya olah makanan laut tersebut dengan cara dikukus, rebus, atau panggang.

Baca juga: Tak Boleh Berlebihan, 4 Seafood Ini Bisa Jadi Makanan Pemicu Kolesterol

Itu tadi daftar makanan tinggi kolesterol yang sering disangka bisa dikonsumsi bebas. Baiknya dalam memilih makanan sehat, pastikan juga terdapat kandungan asam lemak tak jenuh yang dianggap lebih sehat dan tidak akan membuat kolesterol menjadi naik. Tambahkan juga Nestlé ACTICOR ke dalam menu harian kamu.

Di dalam Nestlé ACTICOR ada beta glucan dari oat dan inulin dari chicory yang berperan bantu turunkan kolesterol jahat. Minuman susu ini punya empat varian rasa, yaitu Chocolate, Banana, Green Tea Latte, dan Avocado.

Nestlé ACTICOR baiknya diminum dua kali sehari setelah makan. Barengi juga dengan menerapkan olahraga teratur dan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, ya!

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Memerhatikan Konsumsi Lemak Sehat