Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Jadikan Menu Harian, Ini 5 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Apa yang kamu konsumsi setiap hari sangat memengaruhi kinerja organ tubuh, salah satunya jantung. Sebagai bagian tubuh yang sangat penting, jantung berperan untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Namun, jantung bisa saja terganggu bila kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak jahat.

Load more

Jadikan Menu Harian, Ini 5 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan JantungPasalnya, lemak jahat mampu bisa memicu kolesterol tinggi.  Selain itu, lemak jenis ini juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu konsumsi karena nutrisi penting di dalamnya. Apa saja?

Alpukat

Salah satu buah yang bisa bantu menjaga kesehatan jantung, yakni alpukat. Makanan satu ini menjadi sumber serat dan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung, karena berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dan meminimalisir risiko penyakit jantung .

Buah berwarna hijau ini juga dikenal memiliki banyak kandungan kalium yang menjadi gizi penting bagi kesehatan jantung. Terdapat juga antioksidan berupa vitamin K, E, C, B5, dan B6 yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung maupun strok.

Dark Chocolate

Salah satu keunggulan dari  Dark Chocolate, yakni mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, yang membantu menjaga kesehatan jantung. Dark chocolate juga bisa menambah kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) bagi mereka yang sedang mengalami kolesterol tinggi.

Dark Chocolate juga mampu meminimalisir resistensi insulin, yang menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes dan jantung. Pilihlah Dark Chocolate berkualitas kualitas tinggi dengan kandungan kakao minimal 70%.

Ikan Berlemak Sehat dan Minyak Ikan

Makanan yang bisa bantu menjaga kesehatan jantung juga berasal dari ikan berlemak seperti herring, mackerel, salmon, sarden, dan tuna yang mengandung asam lemak omega-3, yang terkenal baik untuk kesehatan jantung.

Jumlah kolesterol total juga bisa lebih rendah bila sering mengonsumsi ikan dalam jangka panjang. Bila kamu tidak terlalu suka mengonsumsi makanan laut, konsumsi minyak ikan untuk memenuhi asupan harian asam lemak Omega-3 bisa jadi pilihan. Minyak ikan juga mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi trigliserida darah, dan meningkatkan fungsi arteri (pembuluh darah di jantung).

Baca juga: Orang Muda Juga Bisa Kena! Yuk, Cari Tahu Cara Mencegah Jantung Koroner

Sayuran Berdaun Hijau

Bagi kamu yang suka dengan sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kale, kangkung, piterseli, sawi, dan selada pasti akan senang. Pasalnya, sayuran-sayuran tersebut mengandung vitamin K yang bisa melindungi arteri dari pembekuan darah dan tentu bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga banyak mengandung antioksidan dan mineral.

Di dalamnya juga ada nitrat yang bisa mengurangi pengerasan arteri dan tekanan darah yang tinggi serta membuat fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah bekerja lebih baik.

Gandum Utuh

Gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membantu mengurangi kolesterol jahat dan meminimalisir risiko sebagai salah satu langkah untuk tetap menjaga kesehatan jantung dari penyakit. Contohnya beras merah, gandum hitam, gandum utuh, dan quinoa.

Sebagai tambahan, saat memasak juga baiknya gunakan minyak zaitun untuk mengganti minyak sayur atau mentega. Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena bisa melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

Seperti yang disebutkan di atas, jika salah satu pemicu penyakit jantung, yakni kolesterol jahat yang tinggi. Selain mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung di atas, kamu juga bisa minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan untuk bantu turunkan kolesterol.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman yang bisa membantu kurangi kolesterol jahat secara alami. Di dalam Nestlé ACTICOR terdapat kandungan utama berupa serat pangan larut Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin dari Chicory.

Serat pangan larut (Beta Glucan dari Oats dan Inulin dari Chicory) dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah jika disertai dengan diet rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol. Tak hanya itu, ACTICOR juga merupakan minuman rendah lemak.

Di pasaran Nestlé ACTICOR memiliki empat rasa yang lezat, yakni antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda