Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Foto : shutterstock

5 Makanan Enak yang Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

Oleh : Faidah Umu Sofuroh

Jakarta - Banyak orang yang berpikir bahwa orang yang memiliki kolesterol tinggi tidak bisa makan makanan enak. Padahal, ada banyak makanan enak sekaligus sehat yang bisa kamu makan tanpa harus takut kadar kolesterol menjadi naik.

Load more

Jika kamu ingin makan enak dan sehat, kamu bisa mengonsumsi 5 makanan ini. Berikut daftar makanan yang menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Yuk, intip satu per satu.

Salmon
Protein hewani dari daging dan ayam, bisa kamu ganti dengan ikan salmon. Salmon terkenal sebagai ikan dengan lemak sehat. Ikan jenis ini mengandung banyak asam lemak omega 3 yang baik bagi tubuh. Asam lemak ini menyehatkan jantung dengan cara tingkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Juga mampu kurangi inflamasi dan risiko stroke.

Kamu bisa mengolah ikan salmon dengan cara dikukus atau stew kemudian dipanggang menggunakan minim minyak. Sebab, jika kamu menggorengnya, justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Anggur dan Berry
Ada banyak buah yang kaya akan serat larut yang bisa membantu turunkan kolesterol jahat. Serat ini bekerja dengan cara membuat tubuh menyingkirkan kolesterol dan menghentikan liver memproduksinya. Salah satu jenis serat larut bernama pektin bahkan dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

Buah yang menurunkan kolesterol dan memiliki pektin antara lain apel, anggur, kelompok jeruk, dan stroberi. Secara khusus, banyak konsumsi anggur dan buah beri seperti stroberi juga bisa tingkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.
Kacang-kacangan dan Oatmeal

Kacang-kacangan mengandung serat yang sangat tinggi sehingga mudah dicerna ke dalam sistem tubuh. Serat yang ada di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan khususnya untuk mengendalikan kadar kolesterol.

Mirip dengan kacang, oatmeal juga mengandung serat larut yang menjaga tingkat gula darah selalu stabil selama proses pencernaan. Oatmeal merupakan menu sarapan populer yang tak hanya mengenyangkan, tapi juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah sehingga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kedua makanan ini bisa dikombinasikan menjadi makanan yang sangat enak untuk dimakan.

Alpukat
Buah yang memiliki tekstur lembut dan creamy ini ternyata sangat bermanfaat untuk turunkan kolesterol. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal dan serat. Keduanya sangat baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Lemon
Ada kandungan limonoid dalam jeruk lemon yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Lemon juga bebas dari kolesterol dan lemak. Lemon akan sangat enak jika dijadikan jus atau campuran salad buah.

Itu dia makanan-makanan enak yang bisa turunkan kolesterol jahat. Kadar kolesterol jahat yang tinggi akan sangat berbahaya bagi tubuh. Efek kolesterol tinggi yaitu menjadi faktor risiko penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Jika kamu merasa 'saya sudah tahu bahaya kolesterol tinggi', maka segera turunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuhmu. Caranya dengan menghindari makanan berlemak serta junk food, karena makanan-makanan itu merupakan penyebab kolesterol tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa bantu turunkan kadar kolesterol dengan minum Nestlé ACTICOR. Nestlé ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak.

Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Tak hanya itu, Nestlé ACTICOR juga bisa menjadi sumber vitamin B1 dan B2. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestlé ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestlé ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Mulai hari ini, yuk minum Nestlé ACTICOR setiap hari.

Sumber : Detik.com