Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Wajib Tahu! Kenali 5 Gejala Penyakit Jantung yang Jarang Diketahui dan Cara Mengatasinya

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang banyak merenggut jiwa di seluruh dunia dunia dan mengancam semua orang. Yang perlu dipahami, penyakit ini tidak datang tiba-tiba dan melainkan punya berbagai pemicu, beberapa di antaranya adalah gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat.

Load more

Tak hanya itu saja, pada berbagai kasus, seseorang biasanya mampu merasakan gejala penyakitnya, sehingga dengan begini bisa lebih waspada dan meminta bantuan jika diperlukan. Mengetahui gejala gangguan kesehatan yang satu ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi penyakit jantung.

Namun, sebelum mengetahui gejala-gejala tersebut, simak dulu penjelasan singkat seputar penyakit jantung berikut ini!

Penyakit Jantung dan Ancaman yang Dibawanya

Tahukah kamu bahwa penyakit jantung sebenarnya adalah kelompok penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah, bukan satu jenis penyakit saja?

Menurut World Health Organization (WHO), golongan penyakit ini merenggut setidaknya 17,3 juta jiwa di seluruh dunia setiap tahunnya dan menjadi penyakit mematikan nomor 1 di dunia. Jadi, wajar saja jika banyak dari kita yang mencari berbagai cara mengatasi penyakit jantung agar terhindar dari ancamannya.

Adapun jenis-jenis penyakit jantung mematikan yang sering terjadi, antara lain strok, gagal jantung, aritmia, kelainan jantung, infeksi jantung, serta penyakit jantung koroner (atau dikenal juga sebagai serangan jantung). Namun, di antara beberapa penyakit ini, penyakit jantung koronerlah yang paling sering terjadi.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit ini umumnya dipicu oleh gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat, sehingga mampu menyebabkan tingginya kadar kolesterol jahat serta trigliserida. Perlu dipahami juga bahwa kedua senyawa ini nantinya dapat mengendap di saluran arteri dan menyebabkan aterosklerosis.

Aterosklerosis bukan hanya akan menghambat saluran darah. Ketika endapan di arteri pecah, gumpalan darah nantinya akan terjadi dan asupan darah dan oksigen ke jantung akan terhalangi. Kondisi inilah yang disebut sebagai serangan jantung.

Baca juga: Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Gejala Penyakit Jantung Koroner yang Sering Terjadi

Setelah mengenal bagaimana penyakit jantung koroner terjadi, kamu kini perlu memahami gejala-gejalanya. Dengan begitu, kamu dapat lebih waspada dan hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi penyakit jantung.

Berikut ini berbagai gejala penyakit jantung yang perlu diketahui:

  • Angina (Sakit Dada dan Sesak Nafas)

Kondisi ini disebabkan oleh otot jantung yang tidak memperoleh cukup oksigen, sehingga seseorang akan merasa sakit dada dan sesak nafas.

  • Lengan dan Pundak Terasa Pegal

Bukan hanya pada dada saja, seringnya sakit di dada menyebar hingga lengan dan juga pundak.

  • Pusing

Ketika terjadi penyakit jantung koroner, seseorang mungkin akan merasa pusing, keringat dingin, dan juga lemas.

  • Mual

Sakit jantung juga dapat membuat seseorang mual. Bahkan, banyak juga korban yang muntah ketika serangan jantung sedang terjadi.

  • Detak Jantung Abnormal

Peredaran yang terhambat akan menyebabkan jantung memiliki detak yang tidak wajar, baik itu terlalu cepat atau terlalu lambat.

Cara Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Perlu disadari bahwa kelima gejala penyakit jantung koroner ini mirip dengan berbagai kondisi kesehatan lainnya. Namun, jika terjadi secara bersamaan, dengan intensitas yang tinggi, serta terjadi lebih dari 5 menit, segera kabari orang terdekat agar kamu langsung memperoleh pertolongan di unit gawat darurat di RS terdekat.

Jika tidak ada orang di sekitar, segera hubungi nomor telepon darurat 118 dan 119 untuk seluruh wilayah Indonesia atau 021-65303118 untuk wilayah DKI Jakarta. Nantinya, kamu akan memperoleh pelayanan ambulans darurat yang dapat membantumu.

Tips Menghindari Penyakit Jantung

Meski satu-satunya cara mengatasi penyakit jantung koroner adalah dengan meminta bantuan pada ahli kesehatan, bukan berarti tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kondisi ini. Seperti yang dijelaskan di awal artikel, gaya hidup tidak sehat seringnya merupakan pemicu penyakit jantung. Maka, sangat wajar jika kamu perlu memiliki gaya hidup yang sehat untuk dapat menghindari penyakit ini.

Berikut ini beberapa tips menghindari penyakit jantung yang bisa dilakukan:

  • Lebih Peduli Kondisi Kesehatan

Lakukan medical check-up untuk memeriksa secara rutin kadar kolesterol, tekanan darah, gula darah, serta hal-hal lainnya yang merupakan faktor berpengaruh pada ancaman penyakit jantung, seperti faktor genetik, penyakit diabetes, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

  • Rutin Berolahraga

Semua orang dapat merasakan manfaat rutin berolahraga, termasuk kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol. Upayakan untuk berolahraga (seperti bersepeda, lari, jalan kaki, serta berenang) sebanyak 5 kali dalam seminggu. Lakukan selama 30 menit pada masing-masing sesi.

  • Berhenti Merokok

Jika kamu tidak pernah merokok, terus hindari. Kemudian, bila kamu adalah perokok aktif, tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Kebiasaan buruk ini mampu menyerang dinding arteri dan meningkatkan ancaman arteri terhambat (aterosklerosis), sehingga risiko penyakit jantung dan strok pun dapat meningkat.

  • Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang mampu membantumu menghindari risiko penyakit jantung adalah yang rendah kolesterol, lemak jenuh, serta tinggi akan serat. Maka dari itu, hindari lemak jenuh, misalnya pada minyak goreng, mentega, dan juga bagian lemak daging. Tingkatkan pula konsumsi buah-buahan serta sayuran yang mengandung serat larut karena dapat membantu membuang kolesterol dari tubuh.

Nah, itulah tadi berbagai gejala serta cara mengatasi penyakit jantung yang perlu diketahui. Kesimpulannya, mengatasi penyakit jantung membutuhkan bantuan ahli kesehatan, sehingga yang bisa kamu lakukan adalah langsung meminta bantuan tepat ketika gejala-gejalanya sedang terjadi. Namun, untuk menghindari ancaman yang dibawa penyakit jantung, pastikan kamu telah memiliki gaya hidup sehat serta pola makan yang baik, terutama yang tinggi akan kandungan serat larut.

Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan asupan serat larut adalah dengan minum Nestlé ACTICOR 2x sehari. Selain hadir dalam 4 variannya yang lezat (Banana, Avocado, Chocolate, dan Green Tea Latte), Nestlé ACTICOR mengandung serat larut inulin dari akar chicory serta beta-glucan dari oats. Perlu diketahui bahwa kedua kandungan ini mampu bantu turunkan kolesterol jahat LDL, yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung dan strok. Semoga informasi tadi bermanfaat!

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!