Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

5 Kebiasaan Simpel untuk Menjaga Kesehatan Jantung. Apa Saja?

Mempunyai jantung yang sehat merupakan dambaan semua orang. Sebenarnya memelihara kesehatan jantung tidaklah sulit. Kamu bisa mencari berbagai informasi cara menjaga kesehatan jantung diberbagai literatur, internet, atau berkonsultasi dengan dokter. Meski aksesnya mudah, sayangnya banyak orang yang sering menganggap remeh apalagi yang masih tergolong usia muda.

Load more

Mulai dari sekarang, ayo ubah mindset kamu untuk mulai aware dengan kesehatan jantung. Pasalnya, penyakit jantung termasuk silent killer dan bila sudah terkena sakit jantung diusia muda, tentu akan membatasi aktivitas sehari-hari kamu. Cara menjaga kesehatan jantung cukup mudah, kok. Kamu bisa ikuti kebiasaan simple berikut ini.

Hindari Duduk Terlalu Lama

Cara menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama, misalnya saat sedang bepergian atau bekerja di depan komputer memicu risiko darah jadi mudah membeku. Maka dari itu, kamu perlu selingi dengan memperbanyak gerak.

Misalnya melakukan stretching setelah beberapa jam duduk, bila ingin mengganti saluran TV cobalah dekati TV dibandingkan mengandalkan remote, gunakan tangga saja daripada lift atau eskalator bila naik atau turun 1–2 lantai, berdiri dan berjalanlah ketika ingin berbicara dengan rekan kerja atau menelepon, merapikan meja kantor, membereskan rumah, dan perbanyak jalan kaki. Barengi juga dengan melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari.

Mengonsumsi Cokelat Hitam

Ternyata cara menjaga kesehatan jantung juga bisa dibantu dengan mengonsumsi dark chocolate. Tidak seperti dengan cokelat lainnya, di dalam dark chocolate terdapat kandungan flavonoid yang punya fungsi menekan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Kebiasaan Sederhana yang Sering Dilupakan Ini Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Jantung. Apa Saja?

Merawat Hewan Peliharaan

Jika kamu suka dengan hewan peliharaan, mungkin coba sekarang mulai pikirkan untuk mengasuhnya. Pasalnya dengan merawat hewan yang disukai memunculkan perasaan senang dan baik untuk membuat fungsi paru-paru dan jantung lebih meningkat. Bermain bersama hewan peliharaan juga membuat kamu jadi lebih bergerak aktif. Misalnya, membersihkan kolam ikan, berjalan bersama anjing, atau mengajak kucing bermain bola.

Pastikan Kamu Tidur Cukup Setiap Hari

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan tidur setiap harinya. Pasalnya kurang tidur memicu peradangan, tekanan darah, dan denyut jantung jadi meningkat. Kondisi-kondisi tersebut bisa memperberat kerja jantung dan lama kelamaan bisa menimbulkan penyakit. Waktu yang disarankan untuk tidur malam setiap harinya adalah 7-8 jam. Dengan begini tubuh bisa beristirahat dan menekan risiko penyakit kardiovaskular, salah satunya jantung.

 

Perhatikan Tekanan Darah Tinggi, Kadar Gula Darah, dan Kolesterol

Melakukan pengecekan tekanan darah dan gula darah perlu juga dijadikan sebagai kebiasaan rutin mulai dari sekarang. Pasalnya penyakit darah tinggi dan diabetes bisa memicu sakit jantung. Bila seseorang mengalami tekanan darah tinggi bisa memicu pembuluh darah jadi pecah dan berpengaruh pada kondisi jantung.

Sementara untuk kondisi kadar gula darah tinggi bisa memicu pembuluh darah dan saraf pada jantung jadi mengalami gangguan. Kolesterol yang tinggi pun bisa memicu sakit jantung, lho. Lemak yang banyak menumpuk di pembuluh darah mengakibatkan darah jadi tidak mengalir ke jantung dengan maksimal.

Untuk membantu menurunkan kolesterol, bisa konsumsi Nestlé ACTICOR. Minuman penurun kolesterol ini mengandung Beta Glucan dan Inulin yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Nestlé ACTICOR pun juga rendah lemak.

Kamu bisa mencoba 4 varian rasa Nestlé ACTICOR, antara lain Chocolate, Banana, Green-Tea Latte, dan Avocado. Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan menggunakan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Kamu yang sudah berusia di atas 18 tahun dan peduli akan kesehatan tubuh bisa mengonsumsi Nestlé ACTICOR.

ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!

Baca juga: Konsisten Adalah Kunci, Yuk Lakukan 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Ini Agar Tetap Aktif Di Usia Muda