Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

3 Olahraga di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan Sebagai Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Bulan ramadan membawa kebaikan bagi para umat muslim yang berpuasa. Selain sebagai momen untuk melatih diri agar menjadi lebih baik lagi, bulan suci ini juga menawarkan kesempatan yang tepat untuk kamu meningkatkan kondisi kesehatan. Termasuk kalau kamu mau mencoba cara menurunkan kolesterol secara alami agar tubuh lebih sehat.

Load more

Penjelasan Singkat Seputar Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan senyawa yang kita peroleh dari makanan dan juga diproduksi organ hati untuk menjalankan berbagai fungsi, salah satunya adalah guna membangun jaringan tubuh. Namun, untuk melakukan ini, kolesterol kemudian akan dibawa ke seluruh tubuh oleh lipoproteins, yang terbagi menjadi high-density lipoproteins (HDL) dan juga low-density lipoproteins.

Nah, dari kedua jenis tersebut, yang perlu kamu kurangi adalah kadar LDL karena jika dibiarkan terlalu tinggi, LDL akan menjadi tidak baik bagi tubuh. Salah satu akibatnya adalah kondisi aterosklerosis di mana arteri tersumbat plak, mengeras, dan juga menyempit sehingga mengakibatkan penyakit jantung dan strok.

Namun, jangan khawatir! Kadar kolesterol LDL yang terlalu tinggi ini ternyata bisa dihindari dengan gaya hidup sehat, seperti dengan berpuasa dan juga berolahraga, yang mana keduanya bisa dilakukan bersamaan jika dijalankan dengan tepat.

Jenis Olahraga Sangat Baik untuk Menurunkan Kolesterol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa selain LDL, ada juga HDL atau high-density lipoproteins. Berbeda dengan LDL, HDL merupakan jenis lipoprotein yang baik karena salah satu fungsi utamanya, yakni membawa LDL kembali ke hati untuk dapat dieliminasi. Alhasil, arteri kamu akan terbebas dari senyawa LDL yang menumpuk.

Nah, menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) atau Indonesian Heart Association (IHA), salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan HDL adalah dengan berolahraga. Ternyata, olahraga dapat meningkatkan kadar HDL, bahkan hingga 10%. Hebat, bukan?

Kemudian, adapun beberapa rekomendasi olahraga dari PERKI yang bisa dilakukan yaitu:

●    Berjalan cepat (4,8–6,4 km/jam) selama 30–40 menit
●    Bersepeda sejauh 8 km selama 30 menit
●    Berenang selama 20 menit

Ketiga jenis olahraga ini, menurut PERKI, dapat dilakukan sebagai bagian dari intervensi gaya hidup untuk mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Namun, bagaimana cara melakukan ketiga jenis olahraga tadi sambil berpuasa agar tidak lelah?

Tips Olahraga di Bulan Ramadan

Lelah saat berolahraga tidak dapat dihindarkan, begitu juga saat melakukan olahraga di bulan Ramadan. Namun, jika dilakukan dengan tepat, kamu bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti menjadi terlalu lelah, dehidrasi, atau bahkan pingsan.

Berikut adalah tips berolahraga sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami:
●    Berolahraga mendekati waktu berbuka puasa agar energi yang hilang dapat cepat tergantikan saat makan berbuka
●    Olahraga kardio dengan intensitas rendah untuk menghindari asupan protein terambil menjadi sumber energi
●    Menghindari pembentukan massa otot dan fokus pada menjaga kebugaran tubuh
●    Pertahankan massa otot dengan melakukan resistance training sebagai gantinya
●    Selalu memenuhi kebutuhan nutrisi pada saat sahur dan berbuka

Demikian tadi informasi seputar olahraga di bulan Ramadan yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya, olahraga selagi berpuasa sangatlah mungkin dilakukan dengan perencanaan yang strategis. Kemudian, untuk mengandalkannya sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami, pastikan kamu juga telah melakukan hal-hal lainnya, seperti menjaga pola makan.

Untuk melakukan hal ini, tentunya kamu perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi Nestlé ACTICOR yang diperkaya kandungan Beta Glucan yang berasal dari oat serta Inulin yang diambil dari tumbuhan chicory. Bukan cuma itu, Nestlé ACTICOR hadir dengan empat pilihan rasa, yaitu Avocado, Banana, Green Tea Latte dan Chocolate, yang membuatnya enak untuk diminum setiap hari.

Buka dengan makanan apa pun, minum Nestle ACTICOR, kolesterol turun!