Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

3 Cara Menurunkan Kolesterol Agar Bisa Makan Enak Selama Puasa

Kolesterol adalah senyawa yang diproduksi oleh hati untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh, seperti pembentukan hormon dan membran sel. Namun, sebelum kedua hal tersebut dilakukan, kolesterol akan dibawa dari hati melalui lipoprotein yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu high-density lipoprotein (HDL) dan juga low-density lipoprotein (LDL).

Load more

LDL merupakan lipoprotein yang dianggap tidak baik karena dapat menyebabkan plak dan menghambat arteri, sehingga meningkatkan risiko jantung dan strok. Sebaliknya, HDL dianggap baik karena fungsi utamanya adalah guna membersihkan LDL dan mengembalikannya ke hati untuk diproses.

Nah, siapa sangka bahwa berpuasa dapat menurunkan LDL secara alami, bahkan hingga 25%? Hal ini tentunya merupakan berita baik bagi kamu yang berniat melakukan berbagai cara menurunkan kolesterol.

Ingin tahu apa saja yang bisa kamu lakukan? Simak cara menurunkan kolesterol berikut ini!

Hindari Lemak Jenuh saat Berbuka Puasa

Walaupun berpuasa mengurangi tingkat LDL, bukan berarti kamu tak perlu lagi mengontrol pola makan ketika berbuka. Saat berbuka puasa, pastikan menu yang dihidangkan atau yang telah disiapkan tidak tinggi kandungan lemak jenuhnya. Hal ini berarti kamu perlu mengontrol asupan daging merah dan juga makanan berminyak.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi makanan dengan lemak tak jenuh yang mengandung Omega-3, seperti salmon dan juga udang. Selain itu, kamu juga dapat mengganti minyak yang digunakan untuk memasak dengan minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun.

Ganti Kudapan dengan Makanan yang Sehat

Bagi kamu yang selalu menyediakan kudapan, baik untuk berbuka atau dimakan setelah makanan utama, gantilah kudapan tersebut dengan makanan yang sehat. Sebagai contoh, kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan tinggi lemak jenuh tunggal, seperti almond dan kacang mete. Nah, untuk takjil, gantilah dengan buah-buahan, seperti alpukat, dan pisang yang terbukti sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol dan kadar LDL.

Berolahraga Sebelum Berbuka Puasa

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya adalah dengan memperbanyak aktivitas fisik atau berolahraga. Hal ini dikarenakan berolahraga mampu mengurangi LDL dan juga meningkatkan kadar HDL (high-density lipoproteins) yang berguna untuk mengatur kadar ekses kolesterol serta mencegah penghambatan pembuluh darah.

Namun, bagaimana cara berolahraga selagi lemas menahan lapar saat berpuasa? Berolahraga bukanlah hal yang mustahil kalau kamu melakukannya sebelum berbuka puasa. Dengan begini, ketika kamu lelah nanti, energi yang telah hilang bisa digantikan ketika makan saat berbuka.

Tapi, pastikan kamu tidak memaksakan tubuh dengan berolahraga terlalu intens. Latihlah tubuh dengan rutinitas dengan intensitas rendah terlebih dahulu, seperti yoga atau berjalan kaki. Apabila telah terbiasa, intensitas tersebut dapat ditingkatkan mengikuti kemampuan tubuh.

Nah, itulah tadi beberapa cara menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan selama bulan puasa. Berpuasa memang akan mengubah keseharian kita dan membuat kita mengatur ulang gaya hidup. Namun, dengan senantiasa berolahraga, walau tidak intens seperti biasanya, dan juga dengan mengatur pola makan, kadar kolesterol kamu pun akan terjaga.

Selanjutnya, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengonsumsi minuman penurun kolesterol, seperti Nestlé ACTICOR. Kandungan alami inulin yang berasal dari tumbuhan chicory dan kandungan beta glucan dari oat pada setiap kemasannya dapat membantu menurunkan kadar LDL pada tubuhmu. Selain itu, Nestlé ACTICOR juga tersedia dalam 4 rasa lezat, yaitu Chocolate, Green Tea Latte, Avocado, dan juga Banana.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!