Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

3 Cara Aman Mengolah Daging dan Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi Lainnya

Pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana kolesterol berasal? Kolesterol pada tubuh diproduksi di dalam organ hati sebagai penyusun hormon dan sel serta guna memperbaiki berbagai jaringan di dalam tubuh. Namun, selain itu, kolesterol juga bisa didapatkan dari berbagai makanan tertentu (dietary cholesterol).

Load more

Secara umum, asupan kolesterol dari makanan hanya membentuk sekitar 25% dari total kolesterol pada tubuh kita. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika asupan kolesterol menjadi berlebihan. Makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi antara lain seperti lemak jenuh pada daging dan juga lemak trans pada minyak.

Apabila kamu memiliki hobi memakan menu seperti ini, usahakan untuk menghindari dampak buruknya dengan mengolah makanan secara tepat, seperti pada beberapa tips berikut ini!

Memisahkan Lemaknya

Lemak jenuh atau saturated fat memiliki dampak buruk bagi tubuh kamu jika terlalu banyak dikonsumsi. Hal ini karena lemak tersebut mampu meningkatkan kadar LDL (low-density lipoproteins) yang dapat memicu kolesterol mengendap di saluran arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung serta strok.

Umumnya, kamu akan menemukan jenis lemak ini pada daging merah dan juga daging ayam. Jadi, ketika makan kedua jenis daging tersebut, kamu dapat memisahkan lemaknya terlebih dahulu sebelum diolah. Kemudian, pada daging ayam, pastikan juga kulitnya dibuang agar menu yang kamu buat tidak berubah jadi makanan penyebab kolesterol tinggi.

Memasak dengan Minyak yang Tepat

Selain berasal dari daging, ada juga lemak yang berasal dari minyak, yaitu trans fats atau lemak trans. Jenis lemak ini sebenarnya adalah lemak tak jenuh. Tetapi, karena proses yang dinamakan hydrogenation, kandungannya pun membahayakan untuk tubuh kamu.

Lemak trans dapat meningkatkan LDL dan juga trigliserida (triglyceride). Kemudian, pada saat yang sama, HDL pun juga akan turun. Ketiga hal ini dapat mengakibatkan pengendapan kolesterol seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menghindari sumber-sumber kolesterol, seperti minyak sayur. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak canola. Keduanya merupakan minyak alternatif yang mengandung lemak tak jenuh ganda (monounsaturated fats).

Menghindari Menggoreng

Menggoreng makanan jelas lebih meningkatkan risiko daging yang kamu olah menjadi makanan penyebab kolesterol tinggi, apalagi kalau kamu pakai minyak yang salah, seperti minyak sayur. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari mengolah makananmu dengan cara menggoreng.

Kamu dapat memanggang atau membakar daging. Namun, pastikan daging ditempatkan pada rak agar lemak yang menempel di daging dapat mencair dan langsung terbuang.

Nah, itulah tadi beberapa cara aman mengolah daging serta makanan penyebab kolesterol lainnya. Terapkan hal-hal ini secara konsisten dan dibarengi upaya menurunkan kolesterol lainnya, seperti berolahraga, berhenti merokok, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Dengan begitu, kamu akan dapat menurunkan kolesterol secara lebih efektif.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa meminum Nestlé ACTICOR, yang mengandung serat larut inulin yang diperoleh dari akar chicory serta beta glucan yang berasal dari oats. Keduanya teruji klinis dapat membantu kamu turunkan kolesterol LDL secara alami.

Nikmati kebaikannya dalam 4 varian yang lezat, antara lain Green Tea Latte, Chocolate, Banana, serta Avocado. Selain itu, kenikmatan dan kebaikan Nestlé ACTICOR juga baik untuk kamu konsumsi 2 kali sehari setelah selesai makan.

Nestlé ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!