Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Orang Muda Juga Bisa Kena! Yuk, Cari Tahu Cara Mencegah Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya kolesterol dan senyawa lain yang menumpuk di dinding arteri sehingga menimbulkan plak. Dengan begini, pembuluh darah menjadi sempit dan keras. Hal ini pun nantinya akan menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat, sehingga jantung bekerja lebih keras dari biasanya dan dapat menyebabkan keluhan nyeri dada.

Load more

Orang Muda Juga Bisa Kena! Yuk, Cari Tahu Cara Mencegah Jantung Koroner

Berbagai penyebab bisa menjadi latar belakang seseorang mengalami penyakit jantung koroner. Pengidapnya pun bukan hanya orang lanjut usia, tetapi juga orang dewasa muda. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Sample Registration System 2014, Jakarta 2015, menunjukkan jika penyakit jantung koroner terjadi di kelompok usia semakin muda 25-29 tahun dan meningkat dengan puncaknya pada orang-orang yang usianya 60-64 tahun. Menyeramkan, bukan?

Tapi, jangan khawatir dulu karena dengan memahami penyebab serta cara mencegah jantung koroner, kamu akan dapat mengurangi risikonya secara efektif. Berikut adalah ulasan lengkapnya!

Penyebab Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Obesitas
  • Memliki kadar kolesterol jahat yang tinggi
  • Memiliki penyakit diabetes
  • Memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit jantung koroner
  • Mengalami tekanan darah tinggi

Untuk menghindari faktor-faktor tersebut memicu penyakit jantung koroner, kamu perlu terus memperhatikan kondisi kesehatanmu. Tapi, perlu diketahui hal ini tidaklah cukup karena pola hidup buruk juga memengaruhi risiko jantung koroner. Contohnya adalah kurang berolahraga, punya kebiasaan merokok, serta terus mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti yang tinggi lemak jenuh, lemak trans, gula, dan juga garam. Jika kamu memiliki atau terbiasa melakukan salah satu penyebab jantung koroner tersebut, maka ada baiknya untuk selalu waspada.

Cara Mencegah Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner sebenarnya berkembang secara lambat. Jadi, kamu memiliki kesempatan untuk mencegah penyakit ini terjadi padamu. Menerapkan gaya hidup sehat di bawah ini menjadi cara mencegah jantung koroner yang perlu dilakukan segera mungkin.  Apa saja?

Aktif Melakukan Olahraga

Jantung yang kuat sangat diperlukan agar bisa memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Dengan berolahraga, jantung bakal merasakan manfaat dari aktivitas fisik ini.  Olahraga yang dilakukan secara teratur bisa membuat peredaran darah lebih lancar, kadar kolesterol jahat menurun, dan kerja jantung lebih baik.

Cobalah melakukan olahraga 30 menit per hari selama 5 hari dengan latihan aerobik intensitas sedang. Kamu juga bisa melakukannya 15 menit per hari selama 5 hari dengan intensitas tinggi. Namun, jika kamu belum terbiasa berolahraga, tanyakan kepada dokter olahraga yang cocok untuk kamu lakukan.
 

Baca juga: Ayo Bersepeda! Ini Dia 6 Manfaat Bersepeda untuk Menghindari Gejala Penyakit Jantung Koroner

Tidak Merokok

Kandungan tembakau yang ada pada asap rokok dapat membuat pembuluh darah arteri menjadi sempit dan merusak jantung. Dengan berhenti merokok, risiko terkena penyakit jantung koroner bisa jadi lebih rendah.

Hindari Stres Belebih

Siapa sangka bahwa menghindari stres berlebih juga menjadi cara mencegah jantung koroner? Memang permasalahan dalam hidup sulit dihindari, tetapi stres yang berlebih bisa membuat kamu melakukan kebiasaan tidak baik seperti makan berlebihan, kurang aktif bergerak, hingga mengonsumsi alkohol.
Salah satu cara untuk membantu kamu meminimalisir rasa stres, yakni dengan melakukan olahraga, meditasi, menjalankan hobi atau aktivitas yang disukai, serta bersantai dengan keluarga atau teman-teman.

Jaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal bisa menjadi salah satu cara mencegah jantung koroner. Hal ini karena tubuh yang beratnya berlebih memerlukan darah lebih banyak, sehingga membuat jantung memompa lebih banyak darah. Akibatnya kondisi jantung malah bertambah besar demi mengalirkan lebih banyak darah. Kondisi meningkatnya aliran darah bisa memicu tekanan darah tinggi, yang dapat berakhir pada penyakit jantung. Tentu menjaga berat badan bisa menjauhkan kamu dari kondisi ini.

Jauhi Makanan Pemicu Masalah Jantung dan Perbanyak Konsumsi Lemak Tak Jenuh
Cara mencegah jantung koroner yang tidak kalah penting adalah dengan menjauhi makanan tidak sehat. Makanan yang harus dihindari penyakit jantung koroner yakni makanan dengan kandungan lemak jenuh dan lemak trans. Contohnya produk daging olahan, mentega dan margarin, makanan yang mengandung minyak kelapa, biskuit, dan kue.

Kemudian perbanyak mengonsumsi makanan lemak tak jenuh tinggi seperti alpukat, biji-bijian, ikan, kacang-kacangan, minyak bunga matahari, dan minyak zaitun. Makanan tinggi serat, rendah gula, dan garam juga sangat direkomendasikan.

Baca juga: Tak Boleh Berlebihan, 4 Seafood Ini Bisa Jadi Makanan Pemicu Kolesterol

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu pemicu jantung koroner adalah kolesterol jahat yang tinggi. Kolesterol mampu terkumpul menjadi plak dan menghambat arteri. Nantinya, saluran darah akan terhambat dan oksigen akan sulit tersebar ke jaringan-jaringan tubuh, termasuk jantung. Jika asupan oksigen berkurang, penyakit jantung koroner jadi sulit dihindari.

Maka dari itu, terapkanlah segala cara mencegah jantung kolesterol di atas dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kadar kolesterol dalam tubuh. Kemudian, jangan ragu untuk selalu bertanya pada ahli kesehatan seputar cara membangun pola hidup yang sehat demi menjaga kesehatan jantung.

Selanjutnya, selain menerapkan cara mencegah jantung koroner di atas, ada baiknya pula jika kamu minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Nestlé ACTICOR merupakan minuman yang membantu mengurangi kolesterol secara alami dan akan membantu menjaga kesehatan jantungmu.

Beberapa kandungan utama yang ada di dalam Nestlé ACTICOR adalah Beta Glucan yang berasal dari oat dan Inulin dari chicory. Tak hanya itu saja, Nestlé ACTICOR juga rendah lemak, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Nikmati kebaikan Nestlé ACTICOR lewat empat rasa yang lezat, antara lain Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte yang bisa kamu pilih sesuai selera. ACTICOR, cara alami turunkan kolesterol!